Home » » Kebutuhan zat Gizi pada Ibu hamil

Kebutuhan zat Gizi pada Ibu hamil

Ibu hamil memiliki kebutuhan gizi khusus. Beberapa kebutuhan gizi ibu hamil dapat dipenuhi oleh makanan sehat dan seimbang, namun terkadang diperlukan tambahan vitamin dan suplemen. Berikut adalah zat-zat gizi yang dibutuhkan ibu hamil.


  1. Kalori. Kebutuhan energi seorang ibu hamil meningkat. Energi dibutuhkan untuk pertumbuhan janin, pembentukan plasenta, pembuluh darah dan jaringan baru. setiap harinya ibu hamil memerlukan tambahan 300 kalori selama kehamilan. Akan tetapi penambahan kebutuhan kalori ini hendaknya tidak membuat ibu hamil terlalu banyak makan. 
  2. Protein. Ibu hamil membutuhkan 75gr protein setiap hari, atau 25 gr lebih banyak dari yang lain. protein dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan pada janin. Menambahkan protein kedalam makanan merupakan cara yang efektif untuk menambah kalori sekaligus memenuhi kebutuhan protein. Protein bisa didapat dari produk hewani, yaitu : daging, ikan, telur, susu dll, sedangkan pada produk tumbuhan yaitu : tahu, tempe, kacang-kacangan dll.
  3. Asam Folat. Asam folat merupakan vitamin B yang memegang peranan penting dalam perkembangan embrio, juga membantu kecacatan pada otak dan tulang belakang. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kelahiran prematur,bayi dengan berat badan lahir rendah dan petumbuhan janin kurang. Ibu hamil membutuhkan 600 mg asam folat. Selain dari suplement, asam folat dapat diperoleh darisayuran berwarna hijau, jus jeruk, buncis, kacang-kacangan dan roti gandung.
  4. Zat Besi. Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin yaitu protein di sel darah merah yang berperan membawa oksigen ke jaringan tubuh. Selama kehamilan, volume darah bertambah untuk menampung perubahan pada tubuh ibu dan pasokan darah bayi. Hal ini menyebakan kebutuhan zat besi bertambah sekitar dua kali lipat. Jika kebutuhan zat besi tidak tercukupi, maka ibu hamil akan mudah sekali mengalami kelelahan dan renta dengan infeksi, juga beresiko melahirkan bayi prematur dan berat badan lahir rendah. Kebutuahn zat besi selama kehamilan adalah sebanyak 27 mg/hari. Secara alami, zat besi dapat diperoleh dari daging merah, ikan, ungggas, dan kacang-kacangan.
Demikianlah uraian singkat mengenai kebutuhan zat gizi pada ibu hamil, semoga bermanfaat....

   

0 comments :

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. PENKES - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger