Home » » Mengenal lebih jauh penyaki maag (Gastritis)

Mengenal lebih jauh penyaki maag (Gastritis)

Apa yang dimaksud dengan penyakit maag (Gastritis)?
Maag
 Maag (Gastritis) yaitu gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut atau suatu keadaan kesehatan dimana terjadi pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung.

Secara umum  Maag (Gastritis) dapat dibagi menjadi 2 Yaitu 

  1. Maag (Gastritis) Akut yaitu penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.
  2. Maag (Gastritis) Kronis yaitu lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflmasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.
Penyebab  Penyakit Maag (Gastritis) :
  1.  Makan dengan pola yang tidak teratur.
  2.  Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  3. Mengkonsumsi alkohol
  4. Terdapat mikroorganisme tertentu.
  5.  Stress dan kelelahan.
  6. Kurang tidur
Gejala-gejala penyakit Maag (Gastritis)
  1. Perut Kembung
  2. Mual dan muntah
  3. Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada (ulu hati)
  4. Sering sekali bersendawa
Pengobatan /mengatasi maag :
Prinsipnya adalah menetralisasi asam lambung yang berlebihan sehingga  tidak terjadi penumpukan asam lambung pada dinding lambung. Maag merupakan penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lainnya sehingga pencegahannya yakni dengan cara hindari makanan dan minuman yang dapat mengiritasi lambung seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan obat yang dosis tinggi, jangan telat makan, hindari makan yang terlalu banyak makanlah sedikit-sedikit tapi sering

Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan satu sampai dua jam sebelum atau sesudah makan. Adapun dengan tujuan obat dikonsumsi satu-dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan didalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. 

Adapun beberapa obat-obatan yang sering dipakai untuk mengatasi serangan maag :
  1. Antasida  yaitu berguna untuk menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri
  2. Ranitidin yaitu berguna untuk mengobati tukak lambung
  3. Cimetidin yaitu berguna untuk mengobati dispepsia.
  4. Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri yaitu berguna untuk menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori.
  5. Agen Cytoprotektif yaitu berguna untuk melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus
  6. Obat anti sekretorik yaitu berguna untuk mampu menekan sekresi asam.
  7. Pankreatin (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas).
Sumber : Dari beberapa sumber.

Semoga bermanfaat bagi semua pembaca.

1 comments :

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. PENKES - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger