Home » » Mengatur diet makanan biasa

Mengatur diet makanan biasa

Tentunya para sobat pembaca sering sekali mendengar kata-kata diet, yang tentunya kadang-kadang salah pengartian dan pemahaman. Sering orang-orang mengatakan diet itu hanya untuk orang-orang yang mengalami kegemukan,yang diartikan menahan makan agar bisa menjadi kurus atau langsing.

Pertama-tama akan kita bahas adalah apa yang dimaksud dengan Diet itu sendiri.
Diet adalah pengaturan pola makan, baik ukuran, porsi dan kandungan gizinya. Diet berasal dari bahasa Yunani, diet yang berarti cara hidup. Hartono (2000) mengatakan bahwa diet adalah pengaturan jenis dan jumlah makanan dengan maksud tertentu seperti mempertahankan kesehatan serta status nutrisi dan membantu menyembuhkan penyakit.

Diet merupakan makanan yang ditentukan dan dikendalikan untuk tujuan tertentu. Setiap diet termasuk makanan, tetapi tidak semua makanan termasuk dalam kategori diet. Dalam diet jenis dan banyaknya suatu makanan ditentukan.

Di samping itu dalam diet jumlah asupan dan frekuensi makan juga dikendalikan sehingga tercapainya tujuan diet tersebut (Budiyanto, 2001). Menurut Luxboy (2008) Diet normal atau diet yang seimbang terdiri dari semua elemen makanan yang diperlukan agar tubuh tetap sehat.

Apa yang dimaksud dengan Diet Makanan Biasa (Sehat)?
Diet makanan sehat
Makanan Sehat


Pengertian Makanan biasa         ( sehat )
Makanan yang memiliki mengandung gizi yang seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses tumbuh kembang. Menu makanan sehat harusnya kayak akan unsur zat gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sedikit lemak tak jenuh, atau lebih tepatnya disingkat dengan nama menu 4 sehat 5 sempurna.

Banyaknya zat-zat kimia dan hanya memiliki 1 atau 2 kandungan saja, sehingga tubuh masih kekurangan akan beberapa zat yang sangat penting, beberapa bahan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna :
  1. Karbohidrat : terdapat pada nasi, gandum, singkong, dan lain-lain
  2. Protein : banyak terdapat pada tahu, tempe, telur daging, dlll.
  3. Mineral : banyak terdapat pada sayur-sayuran.
  4. Vitamin : banyak terdapat pada buah-buahan.
  5. Susu
      
Tujuan diet makan biasa :
Memberikan makanan sesuai kebutuhan gizi untuk mencegah dan mengurangi kerusakan jaringan tubuh.

Syarat Diet :
Energi sesuai kebutuhan normal orang dewasa sehat dalam keadaan istirahat.
  • Protein 10-15 % dari kebutuhan energi total.
  • Lemak 10-25% dari kebutuhan energi total.
  • Karbohidrat 60-75% dari kebutuhan energi total.
  • Cukup mineral, vitamin dan kaya serat.
  • Makanan tidak merangsang saluran cerna.
  • Makanan sehari-hari beraneka ragam dan bervariasi.

Menu Makanan Biasa:

1. Makanan Pokok
    Makanan pokok banyak mengandung karbohidrat (zat tepung). Misalnyal nasi, jagung, roti, singkong, dan sagu. Karbohidrat sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga. Dari sumber tenaga ini, kita bisa melakukan segala aktivitas atau kegiatan. Jadi, agar tubuh bertenaga maka setiap hari kita harus makan karbohidrat yang cukup yang bisa diambil dari nasi, roti, jagung, singkong, maupun sagu.

2. Lauk Pauk
   Lauk pauk banyak mengandung protein dan lemak yang digunakan untuk membangun tubuh dan mengganti sel-sel yang rusak. Contoh yang termasuk dalam lauk pauk adalah daging, ikan, ayam, telur, tempe, tahu, dan lain-lain.

3. Sayur dan Buah
   Sayur dan buah banyak mengandung vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh dan tidak mudah terserang penyakit. Contoh sayur adalah bayam, kangkung, wortel, dan lain-lain.

4. Buah buahan 
    Misalnya: mangga, heruk, pepaya, dan pisang. Untuk itu, setiap hari kita perlu makan sayur dan buah yang cukup.

5. Susu

Bagi sobat pembaca yang masih bingung dalam pemilihan diet ini, maka kami sampaikan beberapa Pedoman dasar untuk menu makanan biasa setiap hari
  1. Makan banyak makanan tinggi serat yaitu buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Ini adalah karbohidrat “baik”, bergizi, mengisi, dan relatif rendah kalori. Mereka harus menyediakan 20 sampai 30 gram serat makanan yang Anda butuhkan setiap hari, yang memperlambat penyerapan karbohidrat, jadi ada efek kurang pada insulin dan gula darah, serta memberikan manfaat kesehatan lainnya. Makanan tersebut juga menyediakan vitamin penting, mineral, dan fitokimia.
  2. Pastikan untuk menyertakan buah-buahan dan sayuran hijau, oranye, kuning, seperti brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk. Antioksidan dan nutrisi lainnya dalam makanan dapat membantu melindungi terhadap pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya. Makanlah lima atau lebih porsi sehari.
  3. Batasi konsumsi makanan manis, produk olahan gandum seperti roti putih, dan makanan ringan asin. Hanya satu harian 12-ons sekaleng soda (160 kalori) dapat menambahkan hingga 16 pounds selama setahun. Makanan manis Banyak juga tinggi lemak, jadi mereka kalori-padat.
  4. Kurangi lemak hewan. Ini kaya lemak jenuh, yang meningkatkan kadar kolesterol darah dan memiliki efek yang merugikan kesehatan lainnya. Pilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan produk tanpa lemak atau rendah lemak atau tanpa lemak susu.
  5. Kurangi konsumsi lemak trans, yang disediakan oleh minyak sayur  terhidrogenasi digunakan dalam makanan olahan yang paling sering kita temui di supermarket dan di banyak makanan cepat saji.
  6. Makan lebih banyak ikan dan kacang-kacangan, yang mengandung lemak tak jenuh sehat. Pengganti zaitun atau minyak canola untuk margarin mentega.
  7. Jauhkan porsi banyak, terutama makanan berkalori tinggi. Dalam beberapa tahun terakhir melayani ukuran telah bertambah banyak porsinya, terutama di restoran. Pilih starter bukan suatu hidangan utama, hidangan split dengan teman, dan tidak memesan apa saja yang berlebihan.
  8. Jaga asupan kolesterol Anda di bawah 300 miligram per hari. Kolesterol hanya ditemukan di produk hewani, seperti daging, unggas, produk susu, dan kuning telur.
  9. Makan berbagai makanan. Jangan mencoba untuk mengisi kebutuhan gizi anda dengan menu makanan yang sama pada setiap hari. Ada kemungkinan bahwa tidak semua nutrisi penting telah diidentifikasi, dan makan berbagai macam makanan membantu untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, paparan ini akan membatasi anda untuk setiap pestisida atau zat beracun yang mungkin ada dalam satu makanan tertentu.
  10. Mempertahankan asupan kalsium yang cukup. Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Dapatkan kalsium Anda dari sumber-sumber rendah lemak, seperti susu skim dan yogurt rendah lemak. Jika Anda tidak dapat mendapatkan jumlah yang optimal dari makanan, minum suplemen.
  11. Cobalah untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan, bukan dari suplemen. Suplemen tidak dapat menggantikan diet sehat, yang memasok nutrisi dan senyawa lain selain vitamin dan mineral. Makanan juga menyediakan “sinergi” yang banyak nutrisi perlu efisien digunakan dalam tubuh.
  12. Menjaga berat badan yang diinginkan. Neraca energi (kalori) asupan dengan keluaran energi. olahraga dan aktivitas fisik lainnya sangat penting untuk melengkapi menu makanan sehat setiap hari yang Anda konsumsi.

Kandungan Makanan biasa
  1. Mengandung 1600-2200 Kalori, 60-80 gr protein, lemak 80-100 gr, HA 180-300 gr.
  2. Sedangkan untuk pasien yang tidak perlu makanan khusus sehubungan dengan penyakitnya dapat ditambahkan minyak, margarin, gula untuk meningkatkan energi & rasa enak makanan. 
  3. Tidak ada makanan yang dibatasi namun beberapa Rumah Sakit menganjurkan mengurangi lemak jenuh/khol, gula, garam sesuai anjuran kepada orang yang sehat
Demikianlah posting saya kali ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat pembaca.
keritik dan saran silahkan dimasukkan dikotak komentar.

0 comments :

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. PENKES - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger